Anggaran Dipangkas, Jumlah Penerima Hibah Dana PKM Dikti Turun

Senin, 20 Juni 2016 16:24
SURYA.co.id | SURABAYA – Kreativitas mahasiswa bisa menjadi tumpuan masa depan bangsa. Sayangnya, dana hibah untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) dipangkas, sehingga menyebabkan berkurangnya penerima dana hibah.

“Anggaran PKM dipangkas 50 persen sehingga selain ada pemotongan 20 persen nominal per proposal. Penerima hibah juga berkurang dari tahun sebelumnya,” ujar reviewer Dikti, Bambang Dwi Argo ketika ditemui saat monitoring dan evaluasi PKM ITS, Senin (20/6/2016).

Dana hibah yang sebelumnya sebesar Rp 12,5 juta per proposal yang lolos, menjadi hanya Rp 7,5 juta per proposal. Bambang menyayangkan pemangkasan dana tersebut karena inovasi mahasiswa berasal dari ide segar yang berpotensi memajukan Indonesia.

“Banyak sekali inovasi yang saya yakin dosen pun tidak terpikir untuk membuat itu. Atau jika inovasi tersebut sudah ada di luar negeri, inovasi karya mahasiswa Indonesia pasti biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil. Sehingga ini yang harus diperjuangkan, didukung, dan dikembangkan,” lanjut dosen Universitas Brawijay Malang itu.

Ia juga menyarankan para pemegang keputusan untuk meluangkan waktu datang ke gelaran Pimnas mendatang. “Agar mereka bisa melihat inovasi-inovasi hebat mahasiswa Indonesia yang masih berjuang meski dananya dipangkas,” katanya.

Di ITS saja, tahun 2015 sebanyak 465 tim PKM didanai sebesar total Rp 4,56 miliar. Sedangkan tahun 2016 hanya ada 271 tim dengan total dana Rp 2,6 miliar. Penurunan tersebut terjadi secara nasional.