Menristek Dikti Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Politeknik Negeri Surabaya

Foto: Imam Wahyudiyanta/detikcom

Jumat 28 Oct 2016, 10:55 WIB

Surabaya – Upacara Sumpah Pemuda diperingati dengan upacara bendera oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir.

Upacara Sumpah Pemuda dengan tema nasional ‘Pemuda Indonesia Menatap Dunia’ tersebut berlangsung khidmat. Upacara diikuti oleh sekitar 300 peserta baik dari mahasiswa, dosen, dan karyawan.

Dalam amanatnya, Nasir mengatakan bahwa kualitas pemuda ikut menentukan bangkitnya suatu negara.

“Kualitas pemuda Indonesia harus terus diasah, caranya dengan bekerja keras. Itu yang pada akhirnya akan mengguncang dunia,” ujar Nasir dalam amanatnya, Jumat (28/10/2016).

Menurut Nasir, pemuda tidak hanya terbatas pada usia. Memang menurut UU nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, pemuda adalah seseorang yang berusia 16-30 tahun. Tetapi jika merunut pada organisasi internasional, maka yang disebut pemuda adalah usia 15-60 tahun.

“Jadi yang hadir di sini semuanya adalah pemuda, baik mahasiswa dan dosennya,” lanjut Nasir.

Bukan tanpa sengaja Nasir memilih Pens untuk peringatan Sumpah Pemuda. Menurut Humas Pens, Andri Suryandari, Nasir sengaja datang ke Pens karena politeknik merupakan simbol bangkitnya produksi hasil riset kampus.

“Kampus tidak hanya mencetak SDM semata, tetapi juga sebagai produksi hasil riset dan sebagai inkubator bisnis,” kata Andri.(iwd/try)