51 Mahasiswa IPB Terima Beasiswa dengan Total Rp 500 juta dari AlumniSuasana di salah satu kantin di kampus IPB (Foto: Dokumentasi IPB)

Senin 21 Nov 2016, 02:28 WIB

Jakarta – Sebanyak 51 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan 2016 menerima beasiswa total Rp 544 juta melalui beasiswa Alumni IPB. Uang beasiswa diperuntukkan untuk membiayai Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup.

Ketua Umum Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono mengatakan, beasiswa tersebut merupakan bentuk kesadaran dari alumni yang jumlahnya mencapai 130 ribu orang di seluruh Indonesia. Beasiswa diberikan secara simbolik kepada pihak kampus di sela acara Fruit Indonesia 2016 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (20/11/2016).

“Ke depan, pemberian beasiswa ini akan dituangkan dalam bentuk Yayasan Alumni IPB Peduli,” kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (20/11).

Dalam tahap pertama ini, beasiswa diberikan kepada 51 mahasiswa angkatan 53 dengan total dana Rp 554.012.000. Para penerima akan mendapat bantuan membayar UKT selama 2 semester dan biaya hidup Rp 500 ribu per bulan dalam kurun waktu November 2016 hingga Oktober 2017.

“Melalui komunikasi yang baik antara IPB dengan Ketua Himpunan Alumni IPB, alumni menyambut baik untuk membantu para mahasiswa baru yang kesulitan. Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Maka itu, para penerima harus menjawab kepedulian alumni dengan belajar sungguh-sungguh. Karena kalian adalah generasi muda terpilih,” imbuh rektor IPB Herry Suhardiyanto.

Perwakilan penerima beasiswa dari Fakultas MIPA, Fauzi, menyampaikan rasa terima kasihnya dan menyebut bahwa beasiswa tersebut akan menjadi penyemangatnya untuk belajar lebih baik lagi.

“Beasiswa ini sangat membantu saya dan teman-teman. Ini merupakan suatu kebaikan yang akan memotivasi kami meningkatkan prestasi lebih baik lagi. Dan harapannya beasiswa ini akan berlanjut sehingga lebih banyak lagi mahasiswa IPB yang mendapatkannya,” tutur Fauzi. (rna/rna)