5 KAMPUS KERJA SAMA DENGAN AS

22 Maret 2017

LIMA perguruan tinggi negeri (PTN) terpilih untuk bekerja sama melakukan penelitian bernilai US$20 juta dengan sejumlah perguruan tinggi Amerika Serikat. PTN tersebut ialah Universitas Indonesia (UI). Institut Teknologi Bandung (ITB). Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti) M Nasir mengatakan lima PTN yang ditunjuk untuk melakukan penelitian itu juga bertanggung jawab demi membina kampus lain terkait dengan penelitian serupa.

“USAID SHERA (USAID Sustainable Higher Education Research Alliances) menjadi wahana untuk mengembangkan riset dalam negeri. Kerja sama ini tidak hanya sebatas pada publikasi, tapi sampai pada prototipe dan inovasi. Saya berharap PTN yang bermitra mampu mengembangkan riset yang baik dengan kampus-kampus di Amerika,” katanya pada peluncuran program USAID SHERA di Kantor Kemenristek dan Dikti, kemarin.

Ia mengatakan penetapan lima PTN yang akan bekerja sama dengan perguruan tinggi di AS dilakukan melalui seleksi dan penilaian. SHERA merupakan salah satu dari beberapa proyek penelitian dalam bidang energi, teknologi informasi dan komunikasi, lingkungan, serta beberapa penelitian lainnya.

“Mulanya ada 67 proposal dari PTN untuk bekerja sama dengan PT di Ameika. Sebanyak 48 di antaranya lolos seleksi administratif. Namun, kemudian dipilih 17 proposal terbaik dan diseleksi menjadi 13 proposal. Selanjutnya dipilih lima proposal dari UI. UGM, IPB, Unpad, dan ITB,” kata Nasir.

Sementara itu, Wakil Duta Besar Amerika Serikat Brian McFeeters yang hadir pada acara tersebut mengatakan dana untuk penelitian bernilai US$20 juta itu merupakan hibah dalam meningkatkan kapasitas perguruan tinggi guna menghasilkan penelitian bertaraf internasional. Penelitian yang dilakukan berbasis kerja sama melalui pusat kolaborasi riset atau centerfor collaborative research (CCR) dan diusung USAID SHERA.

“Pembentukan CCR untuk membantu mengembangkan, membina, dan mempertahankan penelitian di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi. Kemitraan antara lembaga pendidikan tinggi di AS dan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peneliti dan daya dukung lingkungan penelitian di Indonesia,” kata Brian McFeeters.

Dalam kerja sama penelitian itu, UI melakukan riset bersama tentang urban de-velopment and planning, ITB dengan topik innovative technologies, dan IPB tentang/ood security and self su/ficiency. UGM meneliti environtnent. energy and maritime sciences. (Bay/H-2)

sumber:Media Indonesia