Foto bersama peserta Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional Tahun 2019 dengan Sekretaris dan Pejabat LLDIKTI Wilayah XII serta Narasumber.

Ambon – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII Ambon menyelenggarakan kegiatan “Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional Tahun 2019” pada Senin-Rabu/11-13 November 2019 bertempat di Ruang Serbaguna Kantor LLDIKTI Wilayah XII Ambon, dengan Narasumber kegiatan yaitu Dr. Ricardo F. Nanuru, M.Phil, Dr. Tekat Dwi Cahyono, M.Si dan Dr. Saidna Zulfiqar, Lc., M.Pd yang merupakan Dosen PNS Dpk dan Dosen Tetap Yayasan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XII.

Publikasi artikel ilmiah dalam jurnal bereputasi, terutama jurnal internasional sudah menjadi kewajiban dan tuntutan yang harus dipenuhi oleh setiap dosen. Hal ini sejalan dengan Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 adalah tentang “kewajiban Publikasi Ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi”.

Dalam arahannya mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah XII, Sekretaris Dr. Jantje E. Lekatompessy, SE, M.Si, Ak, CA menyampaikan bahwa, “Pelaksanaan kegiatan LLDIKTI Wilayah XII selama ini yang terkait penguatan kelembagaan lebih banyak mengundang narasumber dari luar Lingkungan LLDIKTI Wilayah XII”. “Untuk itu apresiasi perlu diberikan terhadap para narasumber karena berasal dari Lingkungan LLDIKTI Wilayah XII, dan diantara narasumber tersebut Dr. Ricardo F. Nanuru, M.Phil dan Dr. Tekat Dwi Cahyono, M.Si sudah menjadi Reviewer Nasional”. Hal ini dapat dijadikan contoh dan motivasi bagi peserta dalam mengembangkan kegiatan penelitian terutama menulis artikel ilmiah di jurnal internasional, serta dapat bersaing di level nasional.

Selain itu publikasi jurnal internasional dosen menjadi tantangan yang dihadapi LLDIKTI Wilayah XII untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan pemeringkatan perguruan tinggi di wilayahnya, juga kualitas dan pengembangan dosen terutama dalam kegiatan penelitian dan publikasi. Untuk itu diperlukan kolaborasi antara LLDIKTI Wilayah XII dan dosen dalam hal ini, dimana dosen merupakan ujung tombak dengan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi.

Berkaitan dengan hal ini, dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen dalam hal penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional, kegiatan ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan publikasi artikel ilmiah di jurnal internasional dalam Lingkungan LLDIKTI Wilayah XII (SD).

 

Materi kegiatan klik di bawah ini

>>MATERI – LLDIKTI 12

>>Manajer-Rerefernsi (Mendeley)

>>TEKNIK PENULISAN ARTIKEL & PUBLIKASI

>>Materi 1 End Note

>>Materi 2 End Note