Ambon – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII Ambon melakukan acara serah terima “Sertifikat Pendidik” bagi dosen PTS yang telah lulus sertifikasi dosen tahun 2019 di wilayah Maluku Utara. Acara yang dilaksanakan pada Senin 16 Maret 2020 tersebut bertempat di lantai 3 Aula Gedung Rektorat Kampus Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Ternate, dan dihadiri oleh Kepala dan unsur Pejabat Struktural di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XII, serta Pimpinan PTS terkait. Penyerahan Sertifikat Pendidik diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si kepada 56 orang dosen yang berasal dari 10 PTS di wilayah Maluku Utara.

Foto 1: Foto bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII beserta dosen penerima Sertifikat Pendidik Tahun 2019

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah XII menyampaikan bahwa seorang dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama menstransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Profesional dinyatakan dan telah diakui salah satunya melalui proses “Sertifikasi Dosen”. Artinya dosen tersebut sudah diakui dan diapresiasi kinerjanya sebagai dosen profesional.

Kepala LLDIKTI Wilayah XII menyampaikan apresiasi, penghargaan dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan dosen yang telah lulus sertifikasi dosen tahun 2019 . LLDIKTI Wilayah XII menargetkan sebanyak-banyaknya dosen yang dapat lulus sertifikasi dosen karena sudah dianggarkan oleh negara, tetapi pada prosesnya belum dapat memenuhi harapan yang diinginkan, sehingga banyak anggaran yang dikembalikan kepada negara. Untuk itu, diharapkan bagi dosen yang telah lulus sertifikasi agar dapat membantu dan sharing pengalaman terhadap rekan-rekan dosen yang tidak lulus maupun yang belum sertifikasi untuk mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan periode sertifikasi dosen berikutnya.

Foto 2: Foto bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII beserta dosen penerima Sertifikat Pendidik Tahun 2019

Disamping itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XII juga mengharapkan untuk dosen yang telah lulus sertifikasi agar terus termotivasi dalam berkinerja khususnya dalam kinerja tridharma perguruan tinggi, dan tentunya dosen yang bersangkutan sudah harus mempersiapkan laporan beban kerja dosen sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam proses pembayaran tunjangan sertifikasi dosen.

Mengakhiri sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah XII kembali menegaskan bahwa “negara sudah membayar untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi dosen, oleh karena itu dosen harus bersungguh-sungguh menunjukkan profesionalitas dalam berkinerja”. (SD)