Ternate – Setelah menunggu lama, akhirnya Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dapat menghasilkan “ satu Guru Besar “ pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Guru Besar tersebut merupakan dosen PNS dipekerjakan (Dpk) pada Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.

Pada kesempatan yang bersejarah ini, figur akademisi yang juga merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara yaitu Prof. Dr. Saiful Deni, S.Ag, M.Si secara resmi dikukuhkan sebagai “ Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi “dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa pada Selasa 17 Maret 2020. Turut hadir pada acara pengukuhan antara lain Kepala LLDIKTI Wilayah XII beserta beberapa pejabat, Pimpinan dan sejumlah pejabat daerah Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate, pimpinan PTN dan PTS se-Maluku Utara, pimpinan organisasi dan asosiasi daerah setempat, tokoh-tokoh masyarakat setempat serta civitas akademika di lingkungan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.

Foto 1: Rapat Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dalam acara pengukuhan Guru Besar
Foto 2: Para tamu yang menghadiri acara pengukuhan Guru Besar

Sebelumnya Prof. Dr. Saiful Deni, S.Ag, M.Si telah menerima SK Guru Besar di Kantor LLDIKTI Wilayah XII beberapa waktu yang lalu, dan berhak mendapatkan jabatan fungsional Guru Besar serta menyandang gelar Profesor dengan Nomor SK 152746/MPK/KP/2019, TMT 1 Desember 2019, tanggal SK 26 Desember 2019.

Acara pengukuhan dipimpin secara langsung oleh Ketua Senat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, dengan Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si yang menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah XII menyampaikan bahwa “ pada hari ini Universitas Muhammadiyah Maluku Utara telah membuat sejarah dengan menghasilkan Guru Besar Pertama dan melaksanakan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam pengukuhan Prof. Dr. Saiful Deni, S.Ag, M.Si Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi “.

Hal ini merupakan wujud kerjasama, koordinasi yang baik dan prestasi pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan bersama antara Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan LLDIKTI Wilayah XII, agar ke depannya dapat terus menghasilkan sumber daya manusia yang profesional.

Foto 3: Sambutan yang disampaikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si
Foto 4: Acara pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Saiful Deni, S.Ag, M.Si

Berdasarkan data, saat ini LLDIKTI Wilayah XII sementara mengusulkan 3 orang dosen untuk jabatan fungsional Guru Besar, dan sementara mempersiapkan dokumen pengusulan Guru Besar dari 2 orang dosen lainnya.

Di akhir sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah XII berpesan kepada Prof. Dr. Saiful Deni, S.Ag, M.Si bahwa “ janganlah merasa angkuh dan puas dengan gelar Guru Besar karena semuanya ini merupakan titipan Tuhan Yang Maha Esa “. Beliau mengharapkan dengan gelar Guru Besar ini dapat dipergunakan untuk kepentingan bangsa dan negara, pemerintah daerah, agama serta untuk mencerdaskan anak bangsa khususnya di Maluku dan Maluku Utara, serta harus menjadi motivator bagi rekan-rekan sejawat di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Maluku Utara maupun di perguruan tinggi lainnya. Disamping itu, Beliau juga mengajak dosen PNS Dpk maupun dosen Tetap Yayasan untuk berlomba-lomba menjadi Guru Besar. Hal in telah dibuktikan oleh Prof. Dr. Saiful Deni, S.Ag, M.Si yang dimana membutuhkan ketekunan dalam berproses. (SD-hmh)