Ambon, LLDIKTI12-Di tengah merebaknya virus Corona atau Covid-19, LLDIKTI Wilayah XII Ambon menyelenggarakan video conference Sosialisasi Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dan Perban No. 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi Untuk Akreditasi Yang Dilakukan Oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada Selasa, tanggal 14 April 2020 Pukul 15.00 WIT.

Rapat online atau video conference tersebut menjadi rapat perdana di Tahun 2020 ini antara Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon, Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si, Direktur Dewan Eksekutif BAN PT sekaligus narasumber pada rapat ini yakni Prof. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D  dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah XII Ambon. Turut hadir pejabat LLDIKTI Wilayah XII Ambon yakni Dr. Jantje E. Lekatopmpessy, SE, M.Si, Ak, CA selaku Sekretaris Pelaksana, Lammy E. Lusikooy, SH selaku Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi & Kerjasama, Drs. I. H. Sinay, M.Si selaku Kepala Bagian Tata Usaha serta Abd. Kadir Salam, S.Kom, M.Kom selaku Kepala Subbagian Kelembagaan.

Pelaksanaan rapat online diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon, beliau mengucapkan terimakasih kepada Prof. T. Basaruddin atau lebih sering dipanggil Prof. Chan karena telah bersedia meluangkan waktu untuk menjadi narasumber pada rapat ini dan beliau memberikan apresiasi kepada pimpinan PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah XII Ambon yang ikut berpartisipasi dengan antusias meskipun dalam kondisi darurat Covid-19. Sebelum materi disampaikan oleh Prof. Chan, Muhammad Bugis menyampaikan beberapa hal yakni saat ini Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah XII Ambon memiliki 216 prodi, dari jumlah tersebut terdapat 24 prodi yang belum terakreditasi namun dari 24 prodi tersebut sudah ada yang mengusulkan dan belum diusulkan. Kemudian terdapat 45 prodi yang kadaluwarsa, dari jumlah tersebut sudah ada yang mengusulkan dan belum diusulkan. Maka dari itu Muhammad Bugis menyampaikan permohonan untuk dapat dijelaskan secara langsung oleh Prof. Chan terkait permasalahan yang dihadapi dan dapat disimak serta dipahami oleh pimpinan PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah XII Ambon.

Ket Foto: Video Conference LLDIKTI Wilayah XII Bersama Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Serta Pimpinan PTS

Sementara itu, Prof. Chan mengatakan bahwa materi yang akan disampaikan ada 4 hal, yakni Sistem Akreditasi menurut Permendikbud No. 5 Tahun 2020 dan Perban No. 1 Tahun 2020, Aturan Peralihan, Sistem Pemantuan Pemenuhan Peringkat dan Pelayanan BAN PT selama Darurat Covid-19. Beliau mengatakan bahwa saat ini BAN PT akan proaktif memantau dan memperpanjang akreditasi. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa peringkat akreditasi yang diatur dalam Permenristekdikti No. 32 Tahun 2016 telah diubah, yang semula menggunakan akreditasi A,B, dan C maka dalam Permendikbud No. 5 Tahun 2020 berubah menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Pelaksanaan rapat online berlangsung dengan kondusif dan menjadi semakin menarik ketika memasuki agenda diskusi interaktif yang dipersilahkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon kepada Pimpinan PTS yang akan mengajukan pertanyaan. Diharapkan rapat online ini dapat memperkuat pemahaman terkait mekanisme akreditasi sehingga PTS dapat langsung mengimplementasikan pengusulan baik itu akreditasi institusi dan program studi baru maupun re-akreditasi institusi dan program studi yang kadaluwarsa sesuai dengan aturan yang berlaku. (wan)

Silahkan download materi disini: