Tahukah Anda mengapa penentuan tujuan presentasi sangat penting dalam menyiapkan presentasi ?

Karena disitulah Anda menentukan alasan mengapa audiens Anda mau datang dan mendengarkan presentasi Anda. Jika audiens Anda tidak mendapatkan alasan yang kuat, maka mereka tidak akan mau datang dan mendengarkan presentasi Anda.

Anda perlu ingat bahwa audiens datang dan mendengarkan presentasi Anda bukan karena mereka memuja Anda sebagai pembicara, tetapi mereka berharap untuk mendapatkan sesuatu, apakah itu informasi terbaru, inspirasi atau motivasi. Dan itulah yang Anda mesti jawab dan rumuskan dalam tujuan presentasi Anda.

Pada dasarnya, dalam konteks perkantoran ataupun kemahasiswaan, tujuan presentasi dapat dibagi dua.

Pertama, tujuan presentasi adalah untuk memberikan informasi kepada audiens. Ciri-ciri atau karakteristik presentasi jenis ini adalah :

  • Tujuan akhirnya agar audiens mengerti apa yang Anda sampaikan.
  • Struktur presentasi haruslah kuat supaya presentasi mudah diikuti dan dipahami.
  • Poin-poin presentasi harus dapat disampaikan dengan jelas.
  • Pemberian ringkasan sebelum mengakhiri keseluruhan presentasi akan sangat membantu.

Beberapa contoh presentasi yang termasuk dalam kategori ini adalah seminar, kuliah, penyuluhan, dan presentasi laporan.

Kedua, tujuan presentasi adalah untuk membujuk atau mengispirasi audiens untuk menerima ide, mengubah cara berpikir atau meminta mereka melakukan suatu tindakan. Ciri-ciri atau karakteristik presentasi jenis ini adalah :

  • Tujuan akhirnya agar audiens mengikuti apa yang Anda sampaikan.
  • Kredibilitas presenter sangatlah diperlukan.
  • Struktur dan poin presentasi juga hal yang penting dan harus logis dan dapat dipahami oleh audiens.
  • Kalimat ajakan yang meminta audiens untuk melakukan sesuatu sebelum mengakhiri keseluruhan presentasi akan sangat membantu.

Beberapa contoh presentasi yang termasuk dalam kategori ini adalah presentasi penjualan, kampanye, dan pitch presentation.

Dalam menentukan tujuan presentasi yang bermanfaat bagi audiens Anda, ada 3 rahasia yang perlu Anda ketahui.

Mari kita bahas satu per satu.

Rahasia Penentuan Tujuan Presentasi # 1 : Susunlah Dari Sudut Pandang Audiens

Ketika Anda melakukan presentasi, tentu Anda ingin apa yang Anda sampaikan berguna bagi audiens Anda. Karena itulah, maka Anda perlu melihat dari sisi audiens Anda.

Anda mesti menjawab pertanyaan, “Apakah yang akan audiens dapatkan dari presentasi Anda ?”. Sudut pandangnya tertuju pada audiens, bukan dari sudut pandang presenter.

Dalam memformulasikan tujuan presentasi, bayangkan audiens menatap Anda dan berkata, What’s In It For Me ?”, yang berarti “Apa untungnya bagi saya ?” Jika Anda dapat menentukan tujuan presentasi dengan menjawab pertanyaan tersebut, maka presentasi Anda menjadi lebih terfokus kepada kepentingan audiens.

Rahasia Penentuan Tujuan Presentasi # 2 : Buatlah Yang Spesifik

Penentuan tujuan presentasi yang spesifik akan membuat Anda dapat merancang materi/isi presentasi secara lebih fokus. Sedangkan, tujuan presentasi yang terlalu umum akan membuat Anda kebingungan untuk merancang konten presentasi yang sesuai.

Misalnya, jika tujuan presentasi Anda “Membuat audiens mengerti tentang kesehatan, maka tentunya dalam menyusun materi, Anda akan merasa kebingungan. Mengapa ? Karena kesehatan itu luas sekali. Ada banyak hal yang dapat Anda bahas dari kesehatan. Mungkin saja Anda dapat membuat konten presentasi tersebut, namun konten presentasi Anda menjadi kurang mendalam, sehingga audiens kurang mendapat manfaat nyata.

Akan tetapi, jika tujuan presentasi Anda adalah “Membuat audiens mengerti tentang tiga cara hidup sehat bagi orang yang telah berumur 50 tahun ke atas”, maka Anda akan lebih mudah untuk membuat materi presentasi Anda. Hal ini karena tujuan presentasi Anda spesifik dan fokus. Dan audiens Anda akan mendapatkan manfaat nyata dari presentasi Anda.

Rahasia Penentuan Tujuan Presentasi # 3 : Rancanglah Yang Realistis Untuk Dicapai

Misalnya, Anda diminta presentasi dengan topik “Pembicara Publik Yang Dapat Menghasilkan Uang” dan diberikan waktu selama 15 menit. Dan Anda merumuskan tujuan presentasinya adalah “Audiens akan mampu menghasilkan uang layaknya pembicara professional”.

Untuk dapat mencapai tujuan di atas, tentunya Anda membutuhkan waktu yang lebih panjang, dan audiens juga harus menjalani sesi praktek terlebih dahulu sebelum mampu merealisasikan tujuan tersebut. Anda sendiri juga akan bingung bagaimana dapat merancang materi/isi sampai tujuan presentasi tersebut dapat tercapai.

Contoh tujuan yang lebih realistis untuk topik “Pembicara Publik Yang Dapat Menghasilkan Uang” dengan durasi waktu 15 menit adalah :

  • Audiens mengetahui 3 tips untuk menjadi pembicara publik yang dapat menghasilkan uang.
  • Audiens mengetahui 5 sumber-sumber penghasilan bagi pembicara publik.

Dengan mengetahui dan menerapkan tiga rahasia penentuan tujuan presentasi di atas, maka Anda akan mempunyai penjelasan hasil apa yang Anda harapkan dari presentasi Anda. Selain itu, penentuan tujuan presentasi yang jelas juga akan membantu Anda merancang materi/isi presentasi Anda.

Demikianlah, 3 rahasia penentuan tujuan presentasi yang bermanfaat bagi audiens Anda. Pertama, susunlah dari sudut pandang audiens. Kedua, buatlah yang spesifik. Ketiga, rancanglah yang realistis untuk dicapai.

Jika Anda menilai tulisan ini bermanfaat dan Anda ingin mendapatkan tulisan atau konten lainnya tentang presentasi/komunikasi secara rutin, maka Anda dapat mengirimkan nama dan pesan ke WhatsApp (WA) saya di : 08129299782.

Selain itu, mohon kiranya tulisan ini dapat disebarkan ke kontak WhatsApp (WA) Anda atau Grup WA yang Anda ikuti agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Sharing knowledge for a better presentation/communication.

sumber :

http://erry-ricardo.com/2020/06/15/3-rahasia-penentuan-tujuan-presentasi-yang-bermanfaat-bagi-audiens-anda/#more-1383