Pernahkah Anda melihat seorang presenter yang benar-benar memukau ?

Ketika Anda melihat dia berbicara, Anda dapat menyerap informasi dan tergerak untuk melakukan tindakan yang dia minta. Dan, Anda juga merasa terhibur dengan apa yang dia sampaikan.

Waktu terasa berlalu begitu cepat sampai Anda sadar jika ternyata si presenter sudah berada di penghujung materi presentasinya. Di akhir presentasinya, si presenter tersebut mendapatkan tepuk tangan yang meriah. Audiensnya juga berkomentar betapa bagus dan bermanfaatnya informasi yang mereka dapatkan.

Anda pun berpikir, “Andaikan saja saya dapat berbicara seperti dia, alangkah bagusnya”. Tapi, kemudian Anda berkata, “saya ini orangnya tidak pandai bicara dan merangkai kata-kata. Saya ini orangnya pendiam. Saya ini orangnya tidak percaya diri”.

Itu adalah keyakinan yang sering dimiliki oleh kebanyakan orang tentang presentasi. Sering kali hal-hal tersebut yang menghambat ketika mereka ingin belajar presentasi. Bahkan, yang lebih buruk lagi, mereka berpikir bahwa presentasi bukanlah bidang mereka dan memutuskan untuk tidak melakukan aktivitas yang satu ini.

Jika Anda seorang profesional baik di instansi pemerintah atau swasta maupun mahasiswa atau pelajar, maka Anda tidak akan dapat terlepas dengan yang namanya presentasi. Tentu, presentasi diperlukan ketika Anda, misalnya menyampaikan usulan upaya peningkatan penjualan yang mengalami penurunan selama 3 bulan terakhir atau paparan mengenai hasil penelitian untuk skripsi, tesis ataupun disertasi.

Anda bisa menyampaikan presentasi yang memukau, asalkan Anda mengetahui, mempelajari dan menerapkan 3 komponen yang membuat sebuah presentasi yang menarik.

Tiga komponen tersebut yang saya sebut dengan istilah segitiga presentasi. Segitiga presentasi terdiri dari 3 komponen, yaitu : content, design dan delivery.

Content adalah isi materi yang Anda bawakan. Content ini memiliki beberapa bagian yang perlu Anda perhatikan, yaitu topik presentasitujuan presentasi, dan struktur presentasi. Struktur presentasi ini terdiri dari pembukaanisipenutupan, dan transisi.

Design berkaitan dengan slide presentasi yang digunakan. Slide presentasi dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi seperti Microsoft Power Point. Kebanyakan presenter belum tahu bagaimana membuat slide yang menarik. Slide yang mereka gunakan masih bergaya jadul, ruwet, dan penuh dengan tulisan. Postingan yang saya upload tiap hari Senin banyak memberikan contoh bagaimana membuat slide yang menarik. Sebagai contoh, Anda dapat melihat postingan saya dengan judul 3 Teknik Optimasi Gambar Untuk Menghidupkan Slide Anda Dengan Shape.

Dan, delivery adalah mengenai teknik dan cara Anda dalam menyampaikan materi presentasi. Efektifnya sebuah presentasi ditentukan oleh kemampuan si presenter untuk menyampaikannya kepada para audiens. Tentu saja, setiap presenter memiliki gayanya masing-masing, yang bisa mempengaruhi caranya menyampaikan presentasi. Terkait dengan aspek delivery ini, Anda dapat mempelajari postingan saya dengan judul 8 Aspek Penyampaian Presentasi Yang Harus Anda Perhatikan Untuk Dapat Memberikan Dampak Yang Besar Bagi Audiens Anda.

Ketiga komponen tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan tak bisa diabaikan salah satunya. Hanya mengutamakan content saja, tanpa design dan delivery yang baik, maka sejatinya Anda tidak perlu presentasi. Cukup bagikan handout presentasi saja kepada audiens Anda, dan biarkan mereka membacanya.

Hanya mengutamakan slide presentasi sebagai alat bantu presentasi tanpa memperhatikan 2 komponen yang lain seperti content dan delivery, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk presentasi. Hal itu karena slide Anda sudah terlalu indah. Sama seperti seseorang yang melihat bioskop yang bertahan 2 hingga 3 jam berlama-lama di dalamnya. Tanpa presentasi, ini sudah cukup.

Dan yang terakhir, jika Anda hanya mengutamakan delivery, tanpa content dan design yang menarik, maka presentasi Anda tidak jauh berbeda dengan humor tanpa isi.

Maka, tiga komponen presentasi dalam segitiga presentasi di atas, yaitu : content, design dan delivery harus terintegrasi satu sama lain.

Dengan demikian, dalam posisi Anda sebagai presenter, maka Anda harus berada pada posisi yang seimbang dalam content, design, dan delivery. Artinya, Anda harus mampu menyajikan content yang baik dan terstruktur; design yang menarik, visual dan inspiratif; dan delivery yang meyakinkan.

Sebagai contoh, saya menemukan bahwa presentasi dari Steve Jobs sangat bagus. Saya menilai presentasinya sebagai presentasi yang seimbang yang memperhatikan 3 komponen penting dalam segitiga presentasi. Anda dapat melihatnya pada link youtube ini : https://www.youtube.com/watch?v=WTu95rhjeF4&t=145s

Pertanyaannya adalah dimana posisi Anda sebagai seorang presenter berada dalam segitiga presentasi ?

Segitiga presentasi ini dapat Anda gunakan untuk menilai pada komponen mana Anda dapat meningkatkan diri dan dimana kekuatan dan kelemahan Anda. Anda dapat membandingkan diri Anda dengan presenter lain.

Atau, Anda juga dapat membandingkan diri Anda dengan “model presenter yang ideal” yang ingin Anda tetapkan sebagai patok banding (benchmarking). Anda dapat melihat pada komponen mana yang perlu Anda tingkatkan. Misalnya, ketika membandingkan diri Anda dengan Steve Jobs, maka Anda dapat melihat bahwa Anda mungkin perlu meningkatkan diri Anda pada komponen content dan delivery.

Demikianlah, Anda sebagai presenter harus berada pada posisi yang seimbang dalam segitiga presentasi yang terdiri dari : content, design, dan delivery. Artinya, Anda harus mampu menyajikan great content, design, dan delivery.

Tidak ada presenter yang tiba-tiba langsung dapat memukau audiens.

Untuk itu, secara bertahap Anda perlu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam 3 komponen tersebut. Mengikuti workshop presentasi dan berlatih secara terus menerus merupakan pilihan yang dapat Anda lakukan.

Asahlah ketrampilan Anda. Manfaatkanlah setiap kesempatan tampil untuk belajar memberikan presentasi yang baik. Dengan demikian, Anda akhirnya akan mampu menjadi seorang presenter yang memukau.

Jika Anda menilai tulisan ini bermanfaat dan Anda ingin mendapatkan tulisan atau konten lainnya tentang presentasi/komunikasi secara rutin, maka Anda dapat mengirimkan nama dan pesan ke WhatsApp (WA) saya di : 08129299782.

Selain itu, mohon kiranya tulisan ini dapat disebarkan ke kontak WhatsApp (WA) Anda atau Grup WA yang Anda ikuti agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Sharing knowledge for a better presentation/communication.

Sumber :

https://erry-ricardo.com/2020/06/22/dimanakah-posisi-anda-sebagai-seorang-presenter-berada-dalam-segitiga-presentasi/#more-1386