Apakah Anda sebagai presenter pernah mengalami ketakutan terhadap lupa apa yang harus Anda katakan ketika Anda melakukan presentasi ?

Lupa terhadap apa yang mesti Anda sampaikan merupakan masalah yang dapat Anda hadapi yang  menimbulkan banyak kecemasan di antara para presenter yang gugup dan pemula.

Akibat dari lupa apa yang harus disampaikan dalam presentasi, maka tentu akan membuat malu presenter itu sendiri. Bahkan, dapat menimbulkan berkurangnya kredibilitas dari presenter di mata audiensnya, sehingga rasa percaya audiens kepada presenter akan menurun.

Untungnya, untuk memudahkan Anda mengingat pesan yang ingin disampaikan dalam presentasi, ada 3 cara ampuh yang dapat Anda gunakan.

Mari kita bahas satu per satu cara tersebut.

Cara Mengingat Pesan Presentasi # 1 : Melakukan Persiapan Yang Baik.

Cara yang pertama ini menyangkut 3 hal, yaitu makanan yang sehat, olahraga yang memadai, dan tidur yang berkualitas. Kesemuanya ini dapat membantu memfasilitasi pembentukan retensi memori sebelum presentasi.

Makanan seperti makanan yang kaya asam lemak omega-3, dan makanan yang mengandung flavanol (seperti anggur dan apel) adalah pilihan yang baik. Hindari gula dan makanan manis, karena memberikan dorongan energi yang cepat yang sering kali diikuti dengan kelesuan dan kekaburan mental.

Pola makan seperti diet Mediterania, yang sebagian besar terdiri dari sayuran dan buah-buahan, minyak zaitun, makanan laut, dan kacang-kacangan — kaya akan lemak tak jenuh yang sehat —dalam penelitian yang dilakukan oleh Hardman dkk (2016) akan meningkatkan daya ingat.

Kemudian, olah raga juga memainkan peran yang penting dalam ketahanan memori dan mengurangi kecemasan. Presenter yang fit akan merespons lebih baik aspek mental maupun fisik terhadap stres.

Stres seringkali dilepaskan saat Anda berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit Anda stres, semakin banyak informasi yang akan Anda ingat. Selain itu, Moon dkk (2016), menemukan bahwa olahraga aerobik, seperti jalan cepat, dan berenang akan meningkatkan daya ingat.

Lalu, tidur yang cukup juga merupakan hal yang penting yang perlu Anda lakukan. Tidur nyenyak yang berkualitas baik untuk mempersiapkan otak Anda untuk mengkonsolidasikan ingatan yang baru dipelajari, sehingga Anda dapat mengingat dengan lebih mudah.

Satu penelitian yang dilakukan oleh Maurer dkk (2015) menemukan bahwa orang yang tidur selama 8 jam setelah mempelajari wajah dan nama baru lebih mampu mengingatnya dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan kesempatan tidur. Tambahan pula, dalam analisis dua kumpulan data penelitian, psikolog Dumay (2016), menyampaikan bahwa tidur tidak hanya melindungi otak kita dari melupakan ingatan, tetapi juga membantu kita mendapatkan kembali ingatan secara lebih baik.

Cara Mengingat Pesan Presentasi # 2 : Membuat Struktur Presentasi

Cara ampuh untuk membantu Anda mengingat presentasi adalah dengan membuat struktur presentasi. Reed (2016) menyebutkan bahwa presentasi yang terstruktur akan membuat pesan  40 % lebih mudah diingat dibandingkan dengan presentasi yang tidak terstruktur. Ada banyak struktur presentasi yang bisa Anda andalkan, misalnya :

  • Past-Present-Future?baik untuk memberikan penjelasan secara kronologis dalam suatu kurun waktu tertentu.
  • Perbandingan (Contrast and Comparison)?bagus untuk menunjukkan keunggulan relatif dari pesan yang ingin Anda sampaikan.
  • Problem-Cause-Solution?bagus untuk membantu orang memahami masalah yang dihadapi, penyebab, dan solusi mengatasinya.

Memiliki struktur presentasi dapat membantu Anda mengingat apa yang ingin Anda utarakan. Meskipun Anda lupa secara spesifik, tetapi Anda dapat menggunakan struktur presentasi untuk tetap berada pada jalur dari presentasi Anda.

Misalnya, ketika saat menggunakan struktur Masalah-Solusi-Manfaat yang bagus untuk membujuk dan memotivasi orang, maka Anda pertama-tama menjabarkan masalah (atau peluang) tertentu, lalu Anda merinci solusi untuk mengatasi masalah, dan akhirnya Anda menyampaikan manfaatnya. Jika Anda berada di tengah-tengah bagian Solusi dari presentasi Anda dan Anda lupa hal selanjutnya, maka dengan hanya memikirkan kembali struktur presentasi Anda, Anda tahu bahwa bagian Manfaat adalah bagian yang berikutnya.

Cara Mengingat Pesan Presentasi # 3 : Melakukan Latihan Presentasi

Latihan presentasi merupakan hal yang penting yang perlu dilakukan untuk mengingat presentasi Anda. Namun, banyak presenter yang tidak berlatih dengan benar. Mereka hanya berlatih secara mental atau membolik-balik slide. Pendekatan pasif ini tidak benar-benar menstimulasi kondisi presentasi.

Untuk berlatih secara efektif, Anda perlu berdiri dan menyampaikan presentasi seolah-olah Anda sedang melakukan presentasi. Dari pada hanya memikirkan presentasi, maka berdiri dan mempraktekkan presentasi akan membantu Anda mengingatnya.

Secara khusus, ketika mendengar suara Anda sendiri dan melakukan gerakan yang relevan yang sesuai dengan konteks presentasi, maka Anda dapat meningkatkan daya ingat Anda. Anda akan mampu mengingat lebih banyak, karena latihan tersebut meningkatkan konsolidasi memori Anda.

Salah satu teknik yang sangat berguna adalah praktek terfokus. Misalnya, Anda mempraktekan bagian pendahuluan dari presentasi Anda. Anda lakukan secara berulang-ulang hingga Anda menjadi terbiasa dan nyaman dengannya. Anda jangan menghafal presentasi Anda, karena menghafal presentasi dapat membuat Anda lupa.

Selanjutnya, Anda beralih ke aspek lain dari presentasi Anda, seperti bagian isi dan penutup. Latihan terfokus memungkinkan Anda untuk merasa tidak terlalu cemas, karena Anda tidak harus mengeluarkan upaya mental untuk memikirkan semua aspek tertentu dari presentasi Anda sekaligus.

Lokasi tempat Anda berlatih presentasi perlu diupayakan berada di tempat Anda akan berpresentasi atau setidaknya di tempat yang serupa. Misalnya, jika Anda akan memberikan presentasi di ruangan yang besar dengan jendela yang besar, maka Anda dapat berlatih memberikan presentasi seperti di ruangan tersebut.

Konteks tempat Anda latihan presentasi akan membantu Anda mengingat dan akan meningkatkan kepercayaan diri Anda, karena lingkungan yang serupa dapat membuat Anda merasa nyaman. Berlatihlah di dalam ruangan dengan teknologi yang akan Anda gunakan seperti proyektor infocus dan laser pointer.

Demikianlah, 3 cara ampuh untuk mengingat pesan yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda. Pertama, melakukan persiapan yang baik. Kedua, membuat struktur presentasi. Ketiga, melakukan latihan presentasi.

Melalui persiapan yang baik, pembuatan struktur presentasi yang tepat, dan latihan presentasi yang terfokus, maka Anda akan lebih mudah mengingat presentasi Anda. Dan kepercayaan diri akan bertambah yang memungkinkan Anda untuk menyajikan presentasi dengan cara yang lebih menarik.

Apabila Anda menilai tulisan ini bermanfaat dan Anda ingin mendapatkan tulisan atau konten lainnya tentang presentasi/komunikasi secara rutin, maka Anda dapat mengirimkan nama Anda dan pesan “ingin mendapatkan konten presentasi/komunikasi secara rutin” ke Erry Ricardo Nurzal dengan no WA : 0813-1836-1753 dan simpan no WA saya di HP Anda.

Selain itu, mohon kiranya tulisan ini dapat disebarkan ke kontak WhatsApp (WA) Anda atau Grup WA yang Anda ikuti, agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Sharing knowledge for a better presentation/communication.

Sumber :

https://erry-ricardo.com/2020/08/10/3-cara-ampuh-yang-perlu-anda-ketahui-untuk-mengingat-pesan-yang-ingin-anda-sampaikan-kepada-audiens-anda/#more-1456