Saat mempersiapkan presentasi, Anda sebagai seorang pembicara harus mempertimbangkan satu aspek terpenting.

Yaitu audiens Anda.

Karena itu, Anda perlu melakukan analisis audiens.

Di bidang presentasi, analisis audiens adalah istilah yang umum. Analisis audiens sama pentingnya dalam presentasi apa pun juga. Jika Anda tidak memiliki cukup pengetahuan tentang audiens Anda, maka Anda tidak akan pernah bisa memiliki presentasi yang sukses.

Audiens adalah dasar dari setiap presentasi. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari audiens Anda sebelum Anda berdiri di podium presentasi Anda. Anda tidak dapat membuat orang lain terkesan dengan presentasi Anda, jika Anda tidak mempelajarinya dengan baik, bukan ?

Nah, berikut ini adalah 3 hal mengenai pentingnya analisis audiens yang tepat, yaitu untuk :

  1. Komunikasi yang lebih baik. Setelah Anda mengenal audiens Anda dengan benar, maka Anda akan dapat berkomunikasi dengan cara yang lebih baik. Jika Anda memiliki forum audiens remaja, Anda harus berhubungan dengan mereka agar presentasi Anda lebih menarik. Aspek yang sama berlaku untuk kelompok usia lain juga.
  2. Presentasi yang lebih baik. Anda tidak bisa sembarangan mempersiapkan presentasi Anda. Anda harus memiliki pengetahuan tentang sifat audiens Anda. Dan, jika Anda memiliki analisis audiens yang tepat, maka akan lebih membantu saat mempersiapkan presentasi Anda, karena kekurangan yang ada dapat diketahui lebih awal.
  3. Memahami audiensAnda dengan lebih baik. Dalam sesi presentasi, Anda perlu memahami“Harapan Audiens”. Jika Anda tidak dapat memenuhi harapan audiens, maka keseluruhan sesi presentasi Anda akan gagal.

Semakin baik Anda memahami tujuan dan perhatian audiens, semakin besar kemungkinan Anda akan mencapai tujuan dan hasil yang Anda inginkan. Dan, semakin mampu Anda mengukur keberhasilan itu.

Untuk menggali informasi tentang audiens Anda, ada 7 pertanyaan yang dapat Anda ajukan.

Mari kita bahas satu per satu.

Pertanyaan Audiens # 1 : Siapa Mereka ?

Terhubung dengan audiens Anda berarti memahami mereka pada tingkat profesional dan pribadi, yang meliputi:

  1. Ketahui nama, peran, jabatan, tanggung jawab, dan hari-hari kegiatan kerja mereka.
  2. Temukan demografi dasar seperti rasio jenis kelamin, usia jangkauan, tingkat pendidikan, dan pengalaman profesional.
  3. Cari tahu akankah pembuat keputusan ada di ruangan itu ? Apakah individu itu memiliki kewenangan untuk membeli solusi Anda atau menyetujui usul Anda ?
  4. Luangkan waktu untuk mencari informasi pribadi. Apa minat dan hobi khusus mereka?

Pertanyaan Audiens # 2 : Apa harapan mereka dan mengapa mereka ada di tempat presentasi untuk mendengar Anda memberikan presentasi ?

Mengapa audiens Anda datang untuk mendengarkan presentasi Anda ? Temukan apa harapan mereka. Apakah mereka mencari solusi untuk memecahkan masalah mereka ?

Pertanyaan Audiens # 3 : Apa masalah dan tantangan utama mereka ?

Temukan apa yang menyebabkan mereka sakit kepala dan frustrasi. Identifikasi masalah yang menyebabkan keuangan mereka mengalami kerugian, kepuasan pelanggan menurun, moral rendah, dan/atau inefisiensi operasional. Apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapinya ? Tunjukkan kepada audiens bahwa Anda memahami situasi mereka dan Anda memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah mereka.

Pertanyaan Audiens # 4 : Bagaimana pesan Anda dapat menyelesaikan masalah mereka ?

Nyatakan dengan percaya diri bagaimana audiens mendapat manfaat dari presentasi Anda. Sekarang Anda sudah tahu tantangan utama audiens Anda, pastikan Anda dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana produk atau ide Anda dapat menyelesaikan masalah mereka dan membuat hidup mereka menjadi lebih mudah. Ungkapkan dengan jelas bagaimana solusi Anda akan membantu mereka. Jangan berharap audiens mengetahui manfaatnya untuk diri mereka sendiri terlepas dari seberapa jelas keuntungannya menurut Anda.

Pertanyaan Audiens # 5 : Kesan apa yang ingin Anda buat ? Apa yang Anda ingin audiens lakukan setelah mendengar presentasi Anda ?

Apa ajakan yang Anda ingin audiens lakukan ? Apa yang Anda inginkan dari audiens Anda setelah presentasi Anda ? Kesan apa yang Anda inginkan untuk Anda buat kepada audien Anda ? Anda ingin ide Anda disetujui oleh manajemen ? Atau Anda ingin audiens membeli produk atau solusi Anda ? Artikulasikan dengan jelas dalam sebuah kalimat.

Pertanyaan Audiens # 6 : Seberapa banyak yang sudah diketahui audiens Anda ? Apakah ada kesalahpahaman yang perlu diperbaiki ?

Pastikan untuk mencari tahu seberapa banyak mereka tahu tentang topik Anda, sehingga Anda dapat menyesuaikan presentasi Anda. Jumlah detail dan tipe konten yang Anda sertakan dalam presentasi Anda harus bergantung pada tingkat pengetahuan dan peran audiens Anda.

Pertanyaan Audiens # 7 : Apa tipe kepribadian mereka?

Apa kepribadian pembuat keputusan dari audiens Anda ? Apakah mereka pemikir yang berorientasi pada detail yang ingin mendengar tentang proses dan logika Anda ? Atau seorang chief executive officer (CEO) yang serba cepat dan berpikir cepat yang ingin mendengar pesan utama Anda dalam 5 menit pertama ? Eksekutif yang serba cepat tentu memerlukan informasi yang berbeda dari seorang insinyur, ilmuwan dan ahli teknologi yang berpikiran kualitas. Presentasi Anda perlu mengakomodir perbedaan ini.

Demikianlah, 7 pertanyaan penting yang perlu Anda ketahui untuk memahami tentang audiens Anda.

Mengantisipasi kebutuhan dan perhatian audiens Anda akan membantu Anda menyesuaikan pola pikir Anda saat Anda mempersiapkan dan melaksanakan presentasi Anda. Gunakan pepatah lama tentang menempatkan diri Anda pada posisi audiens Anda. Tempatkan diri Anda di dalam kebutuhan mereka. Bayangkan diri Anda sebagai audiens yang duduk untuk menyaksikan apa yang Anda katakan.

Oke, sekarang Anda siap untuk menyusun pesan utama presentasi Anda.

Apabila Anda menilai tulisan ini bermanfaat dan Anda ingin mendapatkan tulisan atau konten lainnya tentang presentasi/komunikasi secara rutin dan gratis, maka Anda dapat mengirimkan nama Anda dan pesan “ingin mendapatkan konten presentasi/komunikasi secara rutin” ke Erry Ricardo Nurzal dengan no WA : 0813-1836-1753.

Selain itu, mohon kiranya tulisan ini dapat disebarkan ke kontak WhatsApp (WA) Anda atau Grup WA yang Anda ikuti, agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Sharing knowledge for a better presentation/communication.

Sumber :

https://erry-ricardo.com/2020/08/31/7-pertanyaan-penting-untuk-mengetahui-tentang-audiens-presentasi-anda/#.X07ox0hR2Um