Ketika memberikan webinar pada hari Sabtu tanggal 19 Desember 2020 dengan judul “3 Rahasia Presentasi yang Sistematis, Menarik, dan Berpengaruh bagi Audiens Anda” undangan dari USU pada acara Program World Class University, terjadi diskusi yang menarik.

Diskusinya berujung pada pertanyaan, bagaimana merubah kebiasaan membuat slide presentasi yang hanya memindahkan paragraf yang berisi kalimat-kalimat yang panjang dari Microsoft  Word atau hasil olahan data dari Microsoft Excel ke dalam PowerPoint ?

Tentu saja slide presentasi yang dibuat dengan cara tersebut tidak akan menjadi slide presentasi yang menarik.

Kalau boleh jujur harus diakui bahwa slide presentasi yang dibuat dengan cara tersebut merupakan slide presentasi yang membosankan. Dan ini tidak hanya terjadi di sekitar kita saja, tetapi juga terjadi di seluruh dunia.

Guy Kawasaki dalam pengantar buku Presentasi Zen yang ditulis oleh Garr Reynolds mengatakan bahwa 95 % presentasi itu membosankan. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan slide presentasi yang tidak baik.

Jika Anda membuat slide presentasi yang buruk, maka pesan yang akan Anda utarakan tidak akan sampaikan kepada audiens Anda. Mereka tidak akan paham dan menjadi bosan.

Menurut Dr. John Medina, seorang pakar di bidang cara kerja otak dalam bukunya Brain Rules mengatakan bahwa orang tidak akan memberikan perhatian pada sesuatu yang membosankan.

Tentu hal yang sama juga berlaku pada presentasi. Jika Anda membuat slide presentasi yang membuat jenuh audiens Anda, maka mereka dalam waktu singkat akan mengalihkan perhatian mereka kepada hal-hal lain. Mereka tidak akan tahan dengan slide presentasi yang membosankan.

Dengan demikian, Anda akan sulit untuk dapat mempengaruhi audiens Anda. Yang terjadi, audiens Anda malah sibuk memperhatikan hal-hal di luar presentasi yang sedang Anda sampaikan.

Untuk itu, menjawab pertanyaan yang muncul dari acara webinar pada tanggal 19 Desember 2020 tersebut, maka kita perlu merancang slide presentasi yang indah agar audiens mudah menerima pesan kita.

Andy Sukma Lubis dalam bukunya “Melukis Slide Dengan Hati” menyebutkan bahwa  keindahan akan menghadirkan kegembiraan. Melalui kegembiraan, perilaku seseorang dapat berubah.

Dengan menghadirkan keindahan pada slide yang Anda tampilkan, artinya Anda sudah menggabungkan semua komponennya. Menguatkan sinergi antara kekuatan verbal dan kekuatan media visual yang digunakan.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal-hal pokok yang perlu Anda ketahui untuk merancang slide yang indah itu ?

Berita baiknya, ada 4 kunci rahasia merancang slide presentasi yang indah agar audiens mudah menerima pesan Anda.

Mari kita bahas satu per satu 4 kunci rahasia tersebut.

Kunci Rahasia # 1 : Senjata.

Senjata disini maksudnya adalah alat yang dapat Anda gunakan dalam merancang slide presentasi. Alat tersebut adalah aplikasi Microsoft PowerPoint. Memang selain Microsoft PowerPoint, masih ada aplikasi presentasi lainnya yang juga bisa digunakan. Diantaranya adalah Keynote yang merupakan aplikasi bawaan dari MacBook, Google Slides atau Prezi. Namun, hingga saat ini aplikasi presentasi yang banyak digunakan adalah Microsoft PowerPoint.

Anda yang tidak memiliki keahlian menggunakan aplikasi seperti Corel atau Photoshop untuk mendesain, tetapi ingin memiliki desain visual yang memukau, maka Anda cukup memperdalam kemampuan mengotak-atik Microsoft PowerPoint saja.

Kunci Rahasia # 2 : Peluru.

Peluru ini adalah amunisi yang Anda perlukan dalam merancang slide presentasi Anda. Peluru ini adalah perlengkapan yang Anda perlukan dalam membuat slide presentasi Anda.

Ada 6 peluru yang Anda perlukan untuk merancang slide yang indah.

Pertama, quick acces toolbar yang merupakan  toolbar yang isinya adalah sejumlah perangkat atau tombol-tombol perintah untuk akses cepat pada saat Anda bekerja menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint. Pada umumnya, tombol quick aces toolbar terletak disebelah kiri atas jendela Microsoft PowerPoint. Tombol-tombol pada quick access toolbar akan membantu Anda bekerja lebih cepat.

Kedua, grid. Grid adalah garis bantu yang sangat diperlukan dalam menempatkan teks atau gambar dalam slide presentasi, sehingga dihasilkan desain slide presentasi yang rapi, simetris dan berpola yang akan membuat slide Anda menjadi lebih indah. Gridadalah sebuah garis putus-putus vertikal dan horizontalyang fungsinya mirip dengan penggaris. Garis ini akan menunjukan apakah suatu objek sudah lurus dengan objek lainnya atau belum. Fitur ini sangat berguna bila Anda memiliki beberapa objek dan ingin objek-objek tersebut lurus dengan objek lainnya.

Ketiga, ukuran slide yang pada aplikasi power point terdiri dari tiga macam, yaitu ukuran 16:9; ukuran 4:3; dan custome size. Untuk membuat slide presentasi, Anda dapat menggunakan ukuran 16:9, karena ukuran layer komputer berukuran 16:9, sehingga ketika slide presentasi muncul di slide show, tampilannya akan memenuhi seluruh bagian layar monitor.

Keempat, gambar. Gambar diperlukan dalam slide presentasi Anda untuk memunculkan kesan hidup yang dapat menggugah emosi dari audiens Anda. Anda dapat mencari gambar yang tidak berbayar yang relevan dengan pesan yang Anda sampaikan pada internet seperti di https://www.pexels. com; https://unplash.comhttps://pixabay.com; https://www.rgbstock.com.

Kelima, font. Font diperlukan untuk menulis pesan Anda di dalam slide. Anda dapat menggunakan tiga jenis font dalam presentasi. Pertama, serif seperti times, book antiqua, dan baskerville. Kedua, sans serif seperti helvetica, montserrat, open sans. Ketiga, cursive/display seperti abril fatface, pacifico, lobster.

Keenam adalah warna yang digunakan untuk memenuhi prinsip desain, yaitu repetition (pengulangan). Penggunaan warna yang tidak tepat menjadi salah satu hal yang dapat membuat mata audiens Anda menjadi lelah atau malas melihat slide presentasi Anda. Penggunaan warna yang pas bisa menjadikan pesan visual slide menjadi enak dipandang. Untuk kombinasi warna yang dapat Anda gunakan dalam slide presentasi Anda, maka Anda dapat mencarinya di https://color.adobe.comhttps://coolors.co/palletes/trendinghttps://colorhunt.co; https://www.curls.com.

Kunci Rahasia # 3 : Strategi.

Strategi yang dapat Anda gunakan adalah memunculkan white space di dalam slide presentasi Anda. White space adalah area di dalam slide presentasi yang sengaja dibuat kosong agar slide presentasi Anda enak dipandang oleh audiens Anda.

White space dalam desain visual diibaratkan seperti oksigen, yaitu sesuatu yang membuat desain seakan memiliki ruang yang cukup untuk bernafas. Ruangan dalam slide presentasi jangan dihabiskan dan dipenuhi oleh berbagai macam elemen. Berikan ruang di dalam slide presentasi Anda sebagai tempat mengekspresikan kata kunci atau kalimat singkat untuk menampilkan pesan Anda.

Keberadaan white space menjadikan tampilan slide Anda menjadi lebih asyik untuk dinikmati, semakin terlihat elegan desainnya, dan semakin mudah dipahami pesan visualnya. Andy Sukma Lubis dalam bukunya “Melukis Slide Dengan Hati” mengutip data dari Human Factors International menyebutkan bahwa white space increases comprehension by almost 20 %.

Kunci Rahasia # 4 : Teknik.

Yang dimaksud teknik disini adalah cara untuk membuat white space dalam presentasi Anda. Teknik yang dapat Anda gunakan dalam merancang slide yang indah adalah dengan menggunakan solid shape, transparent shape, gradient shape, merge shape, dual tone, remove background, dan freeform.

Anda dapat melihat slide ideas yang menggunakan teknik-teknik tersebut di https://erry-ricardo.com/slide-ideas/#.X930PdgzaMo.

Demikianlah, 4 kunci rahasia merancang slide presentasi yang indah agar audiens mudah menerima pesan Anda. Pertama, senjata. Kedua, peluru. Ketiga, strategi. Dan, keempat, teknik.

Gunakanlah 4 kunci rahasia tersebut untuk merancang slide presentasi Anda selanjutnya. Bayangkan ketika Anda dapat membuat slide presentasi yang indah yang memunculkan kegembiraan, maka hal tersebut akan semakin menguatkan audiens Anda untuk tergerak mengikuti atau setidaknya dapat menerima pesan yang Anda sampaikan.

Sumber :

https://erry-ricardo.com/2020/12/21/4-kunci-rahasia-merancang-slide-presentasi-yang-indah-agar-audiens-mudah-menerima-pesan-anda/#.X9_ppDFR2Uk