Pada era pandemi ini, kita dianjurkan untuk sebisa mungkin tidak berkumpul. Karena itu, melakukan pekerjaan dari rumah menjadi sesuatu kebiasaan baru yang perlu kita lakukan.

Dengan demikian, segala kegiatan sedapat mungkin dilakukan secara daring atau online. Rapat, ujian, bahkan presentasi pun dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Berpindah dari presentasi tatap muka ke presentasi online tidak selalu merupakan transisi yang mudah. Dan, jika Anda memberikan presentasi virtual untuk suatu pekerjaan, maka tentu Anda ingin tampil secara professional untuk mengkomunikasikan pesan Anda secara efektif.

Berita baiknya, ada 5 tips yang dapat Anda gunakan untuk tampil profesional pada presentasi online.

Mari kita bahas satu per satu kelima tips tersebut.

Tip # 1 : Sudut Kamera Yang Baik

Karena Anda melakukan presentasi online di layar laptop, maka Anda dapat dengan mudah memprioritaskan sudut tampilan kamera laptop Anda. Namun, Anda tentu saja tidak ingin membiarkan audiens Anda menatap garis rambut atau dagu Anda selama presentasi online.

Sederhananya, Anda ingin menghindari sudut kamera yang ganjil. Anda tidak perlu terlalu mencondongkan kepala Anda ke atas atau ke bawah untuk melihat langsung ke kamera laptop Anda.

Namun, jika Anda menggunakan meja standar, maka laptop Anda kemungkinan besar berada di bawah kepala Anda.

Untuk amannya, sebaiknya Anda perlu mengangkat laptop Anda, sehingga kameranya sejajar dengan mata Anda. Untuk itu, Anda dapat menambahkan beberapa tumpukan buku atau menggunakan dudukan laptop, sehingga kamera laptop Anda dapat sejajar dengan mata Anda atau sedikit lebih tinggi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini yang dibuat oleh makingbusinessmatter dari Inggris.

Tip # 2 : Pencahayaan Yang Baik

Pencahayaan mungkin menjadi satu-satunya hal terpenting untuk dipertimbangkan saat Anda bersiap-siap untuk melakukan presentasi online.

Saat melakukan presentasi online, sebaiknya hindari segala jenis pencahayaan di atas kepala Anda. Menempatkan sumber cahaya tepat di atas kepala Anda akan menghasilkan banyak bayangan yang tidak menyenangkan di wajah Anda terutama di sekitar mata Anda. Sayangnya, kebanyakan orang memiliki lampu di atas kepala sebagai penerangan di rumah mereka.

Jika Anda ingin tampil menarik untuk presentasi online, maka sebaiknya gunakan tiga sumber cahaya lembut.

Idealnya, Anda menempatkan dua cahaya lembut di belakang kamera laptop Anda di sebelah kiri dan kanan. Secara bersama-sama, mereka akan mengisi semua bayangan pekat di wajah Anda.

Tempatkan cahaya lembut ketiga di belakang Anda untuk bertindak sebagai cahaya tepi. Cahaya ini akan membantu memisahkan Anda dari latar belakang.

Tip # 3 : Background Yang Tidak Menggangu

Bukan hanya Anda yang perlu tampil menarik di depan kamera, tetapi background (latar belakang) Anda juga harus terlihat profesional.

Sebagai pedoman umum saat melakukan presentasi online, hilangkan semua background yang mengganggu dan tidak professional seperti gambar di bawah ini yang dibuat oleh makingbusinessmatter dari Inggris. Dinding polos atau bahkan karya seni dapat menjadi latar belakang terbaik.

Namun, banyak dari kita yang tidak memiliki ruang khusus yang dapat digunakan untuk melakukan presentasi online dengan latar belakang yang bebas gangguan. Jika demikian, berikut beberapa cara untuk meningkatkan latar belakang yang baik, yaitu :

  • Bersihkan semua kotoran, seperti tumpukan cucian, mainan, atau piring.
  • Pindahkan anak-anak dan hewan peliharaan ke ruangan lain untuk meminimalkan aktivitas dan suara pada latar belakang Anda.
  • Hindari duduk di depan rak buku atau latar belakang yang “sibuk” lainnya dengan banyak obyek yang dapat mengganggu.

Untungnya, aplikasi video conference seperti Zoom menyertakan fitur praktis yang dapat Anda gunakan, jika Anda kesulitan menemukan zona bebas gangguan di rumah Anda.

Atau Anda dapat menggunakan latar belakang virtual lainnya untuk membuat kesan pertama yang lebih baik.

Anda dapat menggunakan latar belakang kantor yang bersih dan modern atau sesuatu yang sedikit lebih berwarna dan kreatif untuk mengganti latar belakang yang membosankan. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi https://visme.co/blog/best-zoom-backgrounds/.

Tips # 4 : Kontak Mata Dengan Audiens

Presenter yang baik tahu cara terhubung dengan audiens mereka. Koneksi dengan audiens merupakan sesuatu hal yang benar-benar menantang dalam presentasi online.

Kontak mata langsung dapat menimbulkan kepercayaan dan ketulusan dari audiens Anda. Anda tidak dapat melihatnya, tetapi mereka dapat melihat Anda. Mempertahankan kontak mata dengan mereka akan membantu mereka mempercayai Anda dan mempercayai pesan Anda.

Untuk memulai, Anda harus mengadopsi persona yang aktif. Lakukan “kontak mata” dengan audiens Anda dengan melihat langsung ke kamera sesering mungkin.

Untuk membuatnya lebih mudah, atur layar Anda sehingga jendela dengan audiens Anda dekat dengan kamera. Dengan cara ini, Anda dapat secara bersamaan melakukan kontak mata dengan mereka dan melihat tanggapan mereka.

Perhatikan sudut kamera, sehingga wajah Anda berada pada level yang nyaman bagi orang lain untuk melihat Anda.

Apa pun yang terjadi di layar, pastikan Anda melihat langsung ke kamera, seperti saat Anda melakukan pertemuan tatap muka. Ini termasuk ketika saat Anda mendengarkan audiens atau pembicara lain, dan saat Anda tidak berbicara.

Ingatlah untuk menunjukkan senyum yang hangat dan menarik. Sesekali tertawa dan pertahankan nada yang ramah dan menarik. Sebelum Anda memulai presentasi online, maka Anda dapat menyapa audiens Anda untuk meminta mereka, misalnya berbagi cerita dari mana mereka melakukan video conference. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menciptakan rasa kehangatan dan koneksi dengan audiens Anda.

Tip # 5 : Pakaian Yang Baik

Baik Anda sedang melakukan presentasi webinar, masterclass, kursus online, atau hanya mengadakan rapat online, maka hal pertama yang dilihat audiens Anda adalah Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk memperhatikan penampilan Anda.

Pilihan pakaian Anda dapat membantu mengatur keseluruhan kesan bagi presentasi Anda. Pertimbangkan pesan yang ingin Anda sampaikan, dan perasaan yang Anda ingin audiens Anda miliki ketika mereka melihat Anda. Dan cocokkanlah dengan pakaian Anda.

Pastikan ada kontras yang cukup antara apa yang Anda kenakan dengan latar belakang Anda.

Gunakan pakaian dengan warna yang lebih terang pada latar belakang yang lebih gelap dan sebaliknya.

Pakaian dengan warna yang solid terlihat paling baik dengan latar belakang yang terang. Pakaian dengan warna tersebut mudah untuk difokuskan oleh audiens dan membuat Anda menonjol. Gunakanlah pakaian warna biru, merah, merah jambu, hijau, ungu, kuning, dan lain sebagainya. Warna hijau di bawah ini memiliki nilai sedang dan cukup, sehingga Anda dapat menonjol tanpa berlebihan seperti yang dijelaskan oleh https://www.stylerises.com/.

Anda sebaiknya tidak menggunakan pakaian warna cetakan yang dapat mengganggu dan melelahkan untuk dilihat oleh audiens Anda seperti yang Anda lihat di bawah ini seperti yang dijelaskan oleh https://www.stylerises.com/.

Pakaian dengan warna seperti itu akan tampak terlalu sibuk untuk kamera. Jadi hindari ini dengan cara apa pun.

Pakaian dengan warna itu tidak hanya mengalihkan perhatian audiens dari apa yang Anda katakan, tetapi mereka juga melelahkan untuk dilihat oleh audiens Anda terutama jika presentasi itu berdurasi 45 atau 60 menit.

Selain itu, pakaian dengan warna hitam bisa terlihat berat seperti yang dilihat pada gambar di bawah ini seperti yang dijelaskan oleh https://www.stylerises.com/.

Warna hitam adalah pilihan bagi banyak orang, tetapi Anda perlu berpikir dua kali untuk memakai pakaian dengan warna ini secara online, karena bisa terlihat berat. Belum lagi penuaan dan terlalu keras bagi banyak orang dengan pewarnaan yang lebih lembut.

Anda perlu mewaspadai warna merah dan putih. Warna merah terang dapat terlihat terlalu ekstrim pada kamera. Pilihan yang lebih baik adalah warna yang lebih dalam dan lebih gelap.

Warna merah anggur lebih baik dari pada warna mera yang cerah seperti di bawah ini seperti yang dijelaskan oleh https://www.stylerises.com/. Warna putih adalah salah satu warna yang harus dihindari, karena bisa jadi terlalu terang untuk audiens Anda, sehingga sulit bagi mereka untuk fokus.

Demikianlah, 5 tips yang dapat Anda gunakan agar Anda terlihat profesional pada presentasi online.

Pertama, sudut kamera yang baik.

Kedua, pencahayaan yang baik.

Ketiga, background yang tidak menggangu.

Keempat, kontak mata dengan audiens.

Kelima, pakaian yang baik.

Keingintahuan Anda untuk mempelajari aspek-aspek penting presentasi online adalah kunci suksesnya presentasi online untuk Anda, disamping persiapan dan latihan. Keterampilan presentasi online membutuhkan waktu untuk penguasaannya dan setiap presentasi yang Anda lakukan merupakan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan tersebut.

Waktu dan usaha yang Anda berikan untuk menguasai ketrampilan presentasi online akan terbayar tidak hanya sekarang dalam hal nilai Anda, tetapi juga di masa depan untuk pertumbuhan pribadi dan profesional Anda.

Sumber :

https://erry-ricardo.com/2021/03/08/5-tips-agar-anda-tampak-profesional-pada-presentasi-online/#.YEWnoZ0zaMp