Gambar sebagai salah satu elemen desain dapat Anda gunakan untuk membuat slide presentasi yang menarik bagi audiens Anda.

Namun, Anda dapat mengalami kesulitan menggunakan gambar untuk slide presentasi Anda, karena Anda tidak mungkin menempatkan pesan presentasi di slide tersebut.

Hal itu terjadi karena ruangan di dalam slide sudah dipenuhi oleh gambar yang Anda gunakan. Sehingga, jika Anda menempatkan pesan presentasi di dalam slide tersebut, maka audiens Anda akan kesulitan untuk melihat pesan presentasi tersebut.

Untuk itu, Anda perlu memberi ruang di dalam slide sebagai tempat untuk mengekpresikan kalimat ringkas atau kata kunci untuk menampilkan pesan presentasi. Ruang tersebut dalam komunikasi visual dikenal dengan istilah white space.

Penerapan white space menjadikan sebagian ruang pada slide presentasi tidak dipenuhi oleh gambar.

Untuk menciptakan white space agar slide presentasi Anda tidak semuanya dipenuhi oleh gambar, maka Anda dapat menggunakan fitur dalam Microsoft Power Point 2013 yang bernama merge shape.

Power point tidak kalah dengan berbagai aplikasi desain lainnya semenjak fitur merge shape dapat dioptimalkan untuk mendesain slide presentasi yang menarik.

Anda tidak perlu memiliki keahlian menggunakan aplikasi semacam Corel atau Photoshop untuk mendesain slide presentasi.

Anda cukup mengetahui kemampuan mengotak-atik Power Point saja yang dikolaborasikan dengan fitur-fitur lainnya dalam Power Point dengan ide-ide yang Anda miliki.

Sesungguhnya, membuat slide presentasi dengan menggunakan creative merge shape sangatlah mudah.

Mari kita jalani langkah demi langkahnya untuk membuat creative merge shape tersebut.

Langkah # 1 : Siapkan Pesan Presentasi

Langkah # 2 : Masukan Gambar Yang Relevan

Langkah # 3 : Buat Beberapa Shape Rectangle  

Langkah # 4 : Gunakan Fitur Merge Shape Untuk Memasukan Gambar ke Dalam Shape Rectangle

Langkahnya adalah pilih kesembilan shape rectangle dengan select all semua shape nya, sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Kemudian pilih menu format, lalu pilih merge shapes dan pilih union seperti gambar di bawah ini. Dengan Anda melakukan proses tersebut, maka 9 shapes tersebut sudah menjadi satu shape baru.

Langkah berikutnya adalah klik gambar, tekan tombol shift, lalu klik menu format, selanjutnya pilih merge shapes, kemudian pilih intersect seperti gambar di bawah ini.

Jika Anda melakukan langkah diatas, maka Anda mendapatkan gambar seperti di bawah ini.

Langkah # 5 : Masukan Pesan Presentasi

Langkah terakhir adalah Anda memasukan pesan presentasi ke dalam slide yang telah Anda hasilkan pada langkah 4. Pesan presentasi yang Anda masukan warnanya dapat Anda sesuaikan dengan warna gambar dengan menggunakan eye dropper atau Anda dapat menggunakan warna teks yang kontras.

Demikianlah, 5 langkah membuat slide presentasi yang menarik dengan creative merge shape.

Apapun foto yang Anda miliki, Anda dapat membuatnya menjadi berbeda dengan mengoptimalkan fitur yang bernama merge shape. Dengan fitur merge shape tersebut, maka Anda dapat memunculkan white space di dalam slide presentasi Anda.

White space yang muncul dalam desain slide presentasi dapat Anda gunakan untuk meletakan pesan presentasi Anda.

Keberadaan white space menjadikan tampilan slide presentasi menjadi lebih asyik untuk dinikmati, semakin terlihat elegan desainnya, dan semakin mudah dipahami pesannya.

Selamat mencoba membuat slide presentasi dengan creative merge shape.

 

Sumber: https://erry-ricardo.com/2021/07/12/5-langkah-berkreasi-menghasilkan-slide-presentasi-yang-menarik-bagi-audiens-anda-dengan-creative-merge-shape/#.YOvZ_-gzaMp