Ada kalanya dalam sebuah presentasi, Anda perlu mengenalkan siapa diri Anda.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan slide yang namanya slide identitas. Slide identitas utamanya menggunakan foto pribadi Anda dan juga ditambahkan keterangan tentang diri Anda.

Untuk membuat slide identitas tersebut, syaratnya Anda perlu memiliki terlebih dahulu foto diri Anda. Anda dapat menggunakan kamera atau smartphone yang Anda miliki untuk mengambil foto Anda.

Pertanyaan adalah bagaimana Anda dapat membuat slide identitas dengan menggunakan foto diri Anda dengan menggunakan aplikasi power point ?

Untungnya aplikasi Microsoft Power Point memiliki fitur yang namanya remove background untuk membuat slide identitas tersebut. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Microsoft Power Point 2013.

Dengan menggunakan fitur remove background tersebut, Anda dapat menghilangkan elemen-elemen yang tidak diinginkan dalam sebuah gambar.

Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi desain. Anda cukup mengoptimalkan fitur remove background yang ada di aplikasi Microsoft Power Point 2013.

Untuk memunculkan fitur remove background itu, maka Anda masukan gambar yang Anda punyai ke dalam slide power point. Setelah itu, Anda klik gambar tersebut dan di deretan menu power point akan muncul menu Format/Format Picture. Selanjutnya, Anda akan melihat fitur remove background yang berada di posisi yang paling kiri.

Ketika warna antara gambar yang ingin Anda ambil dengan gambar lainnya yang ingin Anda hilangkan terlihat kontras, maka hasil dari menggunakan fitur remove background akan memberikan hasil yang maksimal.

Dengan menggunakan satu foto diri Anda, maka Anda dapat membuat beberapa variasi dari slide identitas.

Pada postingan kali ini, akan disampaikan tiga model desain dari slide identitas. Sebagai contoh pembuatan slide identitas tersebut, digunakan foto dan identitas yang bukan sebenarnya. Dan membuat slide identitas tersebut sangatlah mudah.

Mari kita bahas satu per satu cara untuk membuat slide identitas dengan tiga desain yang berbeda tersebut.

Desain # 1 : Foto + Shape Circle Hollow

Membuat desain slide identitas di atas sangat mudah. Jika semua elemen desain sudah Anda miliki dan Anda sudah terampil menggunakan fitur remove background, maka Anda hanya butuh beberapa detik untuk membuatnya. Dengan menggunakan cara sederhana ini, maka hasil dari slide identitas Anda tetap akan terlihat keren. Langkah untuk   membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Masukan foto ke dalam slide.
  2. Gunakan fitur remove background untuk mengambil foto orangnya saja.
  3. Klik home, pilih shape crircle hollow, klik shape fill, dan pilih warna orange.
  4. Buat tiga shape yang berbentuk bulat yang diberi warna dark grey dengan menggunakan fitur shape fill untuk memprindah tampilan slide.
  5. Masukan tulisan terkait identitas.

Desain # 2 : Foto + Empat Shape Parallelogram

Selain menggunakan shape circle hollow, Anda juga dapat membuat kreasi slide identitas dengan menggunakan empat shape parallogram. Dengan cara itu, tampilan slide presentasi Anda bisa menjadi lebih berkelas. Cara membuatnya :

  1. Masukan foto ke dalam slide.
  2. Gunakan fitur remove background untuk mengambil foto orangnya saja.
  3. Klik home, pilih shape parallelogram, buat tiga shape parallelogram lainnya, beri warna shape parallogram yang pertama warna dark grey, parallelogram yang kedua warna merah, parallelogram yang ketiga warna oranye, dan parallelogram yang keempat warna dark grey dengan menggunakan fitur shape fill.
  4. Masukan tulisan terkait identitas.

Desain # 3 : Foto Out of Box

Teknik untuk membuat slide identititas di atas menggunakan teknik out of box. Teknik ini memang unik, karena sebagian foto berada di luar box dan sebagian foto berada di dalam box.  Yuk kita ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya :

  1. Masukan foto ke dalam slide.
  2. Gunakan fitur remove background untuk mengambil foto orangnya saja. Duplicate foto orang tersebut hasil dari remove background.
  3. Masukan blob shape seperti shape yang berwarna oranye.
  4. Klik foto yang pertama, tekan shift, klik blob shape oranye, pilih format, klik merge shape, pilih intersect, sehingga foto orang yang pertama akan masuk ke dalam shape.
  5. Klik gambar foto yang pertama, klik shape fill dan pilih warna orange, sehingga blob shape yang menampung foto yang pertama akan menjadi warna kuning
  6. Klik foto yang kedua, klik format, pilih crop, lalu crop gambar dan ambil gambar kepalanya saja dan tumpuk gambar tersebut ke foto yang pertama. Hal ini yang membuat foto muncul di luar blob shape yang berwarna kuning.
  7. Buat blob shape yang kedua, klik menu home, pilih shape fill, pilih warna dark purple, sehingga shape yang kedua akan berwarna dark purple. Shape yang kedua ini dibuat untuk memperindah tampilan slide.
  8. Masukan tulisan terkait identitas.

Demikianlah, cara mudah membuat tiga desain yang berbeda untuk slide identitas dari satu foto.

Dengan menggunakan kreativitas yang Anda miliki, sesungguhnya Anda dapat membuat beragam desain slide identitas. Anda tidak hanya dapat membuat tiga model desain slide identitas, tetapi Anda juga dapat membuat model desain slide identitas lebih dari itu.

Teruslah berlatih, berlatih dan berlatih untuk membuat slide identitas yang menarik bagi audiens Anda. Semakin sering Anda berlatih, semakin terampil Anda dapat membuat slide identitas presentasi yang memukau bagi audiens Anda.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini dapat juga bermanfaat bagi banyak orang.

 

Sumber : https://erry-ricardo.com/2021/10/04/cara-mudah-membuat-tiga-desain-yang-berbeda-untuk-slide-identitas-anda-dari-satu-foto/#.YVpDdtpByMp